Dengan mengambil tema Rekayasa dan Teknologi – Internet Sehat, kami menyusun rangkaian kegiatan P5 di semester 2 kelas V. Mengapa Internet Sehat? Pada saat ini intenet digunakan sebagai kebutuhan utama dalam pembelajaran maupun penunjang pembelajaran tidak terkecuali dengan peserta didik. Pada usia peserta didik yang sangat rentan, internet dapat dipergunakan dengan baik jika pengetahuan baik pula dan begitu sebaliknya. Peserta didik diharuskan memiliki pembekalan ilmu terkait internet sehat itu bagaimana dan upaya implementasi dalam penggunaannya bagaimana. Karena akan berdampak besar jika internet disalahgunakan oleh generasi muda kita.
Adapun tahapan dalam Projek Internet Sehat diantaranya tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi, dan tahap refleksi dan tindak lanjut. Tahap pengenalan dan tahap kontekstual dilakukan di dalam kelas. Sedangkan tahap aksi kita lakukan di luar sekolah yaitu melakukan kunjungan ke Perpustakaan Balai Pemuda dan Museum Bawah Tanah Alun-Alun Surabaya. Dalam kegiatan aksi ini setiap peserta didik mampu membuat desain infografis terkait pameran yang ada di museum bawah tanah Alun-Alun Surabaya.
Sebelum melakukan aksi nyata, tentunya setiap peserta didik mendapat bekal dari masing-masing wali kelas tentang perkenalana infografis, perkenalan aplikasi membuat infografis, membuat desain poster infografis, dan menghasilkan produk berupa poster infografis tentang pameran musem Alun-Alun Surabaya.
Berikut contoh hasil karya siswa kelas V, membuat infografis tentang kegiatan P5 di Alun-Alun Surabaya